Tips Mengambil Gambar Human Interest.

Kehidupan manusia dengan segala bentuk aktivitas keseharian dan kehidupan yang dilakukannya memang selalu menarik untuk dijadikan objek dalam foto. momen yang menarik tersebut bisa muncul karena dipicu oleh kegiatannya yang terasa unik dan tidak biasa. Baik itu aktivitas didalam adat budaya maupun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya sangat berbeda dari kehidupan masyarakat Kota besar.


Human Interest dalam karya fotografi sendiri kalau dijabarkan adalah menggambarkan kehidupan pribadi manusia atau interaksi manusia serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan kehidupannya, kesemuanya itu membawa rasa ketertarikan dan rasa simpati bagi para orang yang foto tersebut. Fotografi Human Interest mungkin sedikit berbeda dengan Jurnalistik, walaupun Foto human interest bisa dimasukan kedalam kategori jurnalistik juga.


Foto Human Interest lebih banyak merekam suasana dan momen yang tidak biasa, semakin dramatis momen yang didapat semakin sukses foto human interest tersebut. untuk fotografer yang sudah terbiasa memotret dan mengamati masalah-masalah sosial, maka objek yang berlatar belakang aktifitas manusia ini akan menjadi sebuah karya foto yang begitu menarik untuk dilihat dan tentunya tidak akan sulit untuk dilakukan. Namun masalahnya bagaimana sih memotret humant interest ini dengan baik apalagi buat kita yang baru belajar fotografi, memang memotret Human Interest terkadang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak problematika yang terjadi di lapangan seperti ada yang malu difoto, larangan, ataupun susah dalam mencari objek foto yang bagus.


Memotret Candid Siapkan lensa tele lensa yang saya sukai untuk memotret human adalah lensa dengan range 50mm, lensa sependek dan sekecil ini memudahkan saya untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. tetapi terkadang ada momen yang susah diambil bisa karena jarak yang jauh ataupun momen yang bersifat candid (natural). Hal tersebut karena alasan untuk menghasilkan foto yang tampak baik dan menarik, spontan dan wajar. tetapi ada baiknya menyiapkan lensa tele 80-200 mm atau 70-300 mm yang bisa dijadikan pilihan yang bisa digunakan saat kita hunting foto human interest secara candid. Kreatiflah dan gunakan angle (sudut pengambilan foto) yang terbaik. Ketika hendak memotret, gunakan sudut pandang atau sudut pengambilan foto yang tepat dan baik guna menghasilkan sebuah foto yang enak untuk dipandang.


Janganlah terburu-buru ketika menekan tombol shutter, karena dengan terburu buru hasil yang ingin kita dapatkan malah terlupakan. memotret yang baik dibutuhkan konsep yang matang, konsep bisa datang dari angle dan komposisi yang baik, momen yang tepat dan pengalaman memotret. bagaimana yang tidak punya kamera DSLR, tetapi hanya punya kamera saku dan smartphone. tips tips diatas sebenarnya bisa juga digunakan untuk smarphone dan kamera saku, jangan berkecil hati. karena kamera saku atau smartphone biasanya lebih mudah memotret human interest. karena orang tidak aware dengan kamera smartphone kita, dan kita bisa lebih leluasa memotret.

Powered by SmugMug Owner Log In