Membuat Hyperlapse Video.

Hyperlapse adalah perkembangan dari timelapse namun direkam dengan lebih dinamis. Jika pada timelapse, kamera akan merekam setiap frame foto pada sebuah pemandangan dari satu titik saja. Kamera diam di tempat. Namun, pada hyperlapse, kamera akan ikut bergerak sambil merekam setiap foto. Hyperlapse dan timelapse sama-sama gabungan frame-frame foto yang berkesinambungan dan kemudian digabung. Hyperlapse bisa jadi hasil dari kamera yang bergerak secara otomatis (misalnya kamera ditaruh di atas kendaraan atau sesuatu yang bergerak) atau dari kamera yang bergerak seiring fotografer yang juga bergerak.


1.Taruhlah kamera di atas monopod atau tripod untuk menjaga kestabilan. Selanjutnya, aturlah mode pemotretan ke opsi mode Manual. Atur eksposur melalui nilai aperture dan shutter speed ke kondisi pencahayaan yang seimbang (eksposur 0). Untuk hyperlapse berjalan kaki, kita harus menentukan satu obyek utama yang akan menjadi pusat (center) di setiap frame foto. Untuk menjaga centre aktifkan gridline mode center di Setting - Monitor/Display - Guideline dan pilih opsi grid dengan dua garis diagonal dengan titik pusat.


2. Selanjutnya, gunakan mode dengan masuk ke Menu pilih Record - Stop Motion Animation. Untuk Panasonic GH5, tombol dial mode di atas kamera sisi kiri harus diset dulu ke mode Time Lapse/Animation kemudian masuk ke Menu - Record - Time Lapse/Animation. Setelah masuk ke menu stop motion, pasti pada menu Auto Shooting terpilih Off. Kamera akan menggabungkan setiap frame foto yang dipotret dalam sebuah grup untuk kemudian dapat digabungkan. Jumlah foto yang terekam akan diinfokan di layar.


3. Mulailah memotret sambil berjalan. Pastikan obyek utama selalu kamu posisikan di tengah frame dengan bantuan guide line. Pergerakan antar satu foto dengan foto lainnya sebaiknya memiliki jarak sama. Kamu bisa mengukurnya dengan bantuan kaki tripod atau rentang langkah kakimu. Sebagai dasar, setiap frame foto direkam bergerak pada setiap pergerakan rentang kaki yang sama. Ini membuat perpindahan frame pada hasil video akan lebih rata dan mulus.


4. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi untuk membuat video dari rangkaian foto yang baru saja direkam. Pilih Yes. Selanjutnya, pilih resolusi video yang diinginkan di Rec Quality. Untuk GH5 tersedia pilihan 4K, FHD, dan HD. Pilih juga nilai di opsi Frame Rate. Untuk frame rate standar, pilih saja 25 fps. Untuk Sequence bisa pilih Normal atau Reverse (direkam mundur). Jika sudah, pilih OK. Video hyperlapse akan langsung dibuat dan setelahnya bisa dilihat.

Powered by SmugMug Owner Log In