Inspirasi itu bisa datang dari mana saja.

Bagaimana sih seorang Travel Fotografer mengasah skill dan ilmunya? Travel Fotografer harus sering hunting dan traveling, karena praktek langsung itu adalah guru terbaik dan belajar langsung dari pengalaman. terus bagaimana jika tidak punya banyak waktu karena kesibukan dikantor atau jadwal kuliah yang padat sehingga jarang hunting, yang saya lakukan adalah banyak melihat foto foto bagus. darimana saja melihat foto foto bagus itu? bisa dari majalah, buku, pameran foto ataupun galleryfoto online dan google. dengan melihat foto bagus kita akan terbiasa untuk berpikir dan menciptakan sebuah konsep foto yang bagus itu seperti apa, dan membuat sudut pandang kita lebih luas. terus dengan melihat foto foto yang kita suka terus menirunya pada saat kita memotret apakah hal itu boleh? jawaban saya boleh banget, ingat setiap orang punya bakat yang berbeda dan kita bukan robot. jika kita memotret ditempat yang sama dan alat yang sama persis dengan teman kita, belum tentu lho hasil fotonya juga bisa sama. dengan meniru konsep kita bisa belajar melatih skill dan membuat konsep foto.


Saya bersyukur hidup di era yang sudah digital, karena 10 tahun yang lalu ketika saya belajar foto hanya terbatas pada buku dan pergaulan dengan teman teman di komunitas, saat ini banyak sekali referensi yang kita bisa dapatkan baik buku, majalah atau internet. makin kesini waktu saya untuk membaca buku dan majalah makin berkurang, sehingga mencari referensi foto juga berkurang. tetapi kita juga bisa mendapatkan inspirasi membuat foto yang bagus dari Siaran TV yang kita tonton, Program TV disini bukan sinetron ya. karena terus terang saya hampir engga pernah melihat TV lokal kecuali berita hehe. Ada beberapa Referensi TV Channel yang sangat menarik untuk ditonton, apalagi profesi saya sebagai Travelers sekaligus Fotografer membutuhkan banyak ide untuk berkreasi dan mencari tempat baru untuk referensi. dan biasanya ketika tidak Traveling saya dirumah banyak menonton TV Channel berikut untuk dijadikan sumber ide. apa saja Channel2 yang saya tonton ini :


1. National Geographic Channel Natgeo Channel merupakan tontonan wajib bagi saya, karena foto2 dan footage dari Natgeo jelas sudah engga diragukan lagi kualitas fotonya. banyak angle dan momen yang unik yang sering membuat saya amazed dengan hasil karya fotografer dan videografer mereka. dari channel inilah saya banyak belajar membuat foto human interest yang baik dan dalam. National Geographic Channel mengajak kita untuk berpikir ulang cara mereka melihat dunia melalui TV dengan program mereka yang inovatif dan menginspirasi. Hal ini membuat kita yang menonton untuk mendorong kembali batas-batas eksplorasi dan pemahaman dengan cara yang berbeda. kita bisa berpikir tentang budaya yang lebih dalam, yang jelas disini banyak sekali Footage dan foto2 yang sangat inspiratif. Memotret alam dan human sekaligus, Inspirasi yang datang ketika menonton National Geographic Channel.


2. Travel Channel. Saya suka nonton Travel Channel ini karena banyak sekali referensi hotel hotel dan tempat wisata yang menarik, Travel Channel ini cukup Inspirational, informatif dan menghibur. Travel Channel menyajikan perspektif unik panorama dan obyektif tentang pengalaman selama perjalanan. menyajikan informasi tentang transportasi ke setiap sudut dunia, lokasi lokasi yang eksklusif, tempat berlibur mewah, pencarian kuliner, liburan ramah lingkungan, backpacking petualangan dan banyak lagi.


3. Discovery Channel. Discovery Channel menawarkan banyak tontonan menarik berkualitas tinggi non-fiksi hiburan dari keindahan alam, ilmu pengetahuan & teknologi, sejarah kuno dan kontemporer, petualangan, budaya dan dokumenter. saya suka menonton Discovery Channel karena ada update teknologi disini yang juga berhubungan dengan dunia Traveling. menjadi seorang Travelers dan Fotografer penting juga untuk mengupdate informasi terkini supaya tidak ketinggalan teknologi.


4. Animal Planet. Anda suka memotret binatang dan satwa liar? maka harus sering banyak menonton Animal Planet ini, salah satu kunci sukses dalam memotret satwa liar adalah kita harus mengetahui tingkah laku dan kebiasaan dari satwa tersebut. jika kita tidak memahami tingkah laku dan habit mereka, anda sudah kehilangan 60% momen untuk mendapatkan foto satwa yang bagus. di Channel Animal Planet ini kita bisa mengetahui sekaligus menghibur diri dengan tingkah laku lucu mereka. yang jadi pertanyaan, apakah travelers dan fotografer perlu mempelajari satwa, jawabnya perlu. banyak ditempat eksotis yang saya kunjungi, banyak saya menemukan satwa liar dihabitat asli mereka. contohnya ketika saya berkunjung ke Banyuwangi, disana ada 3 taman nasional terbesar dan ternyata satwa disana langka dan banyak bisa kita temui dengan mudah. jika kita sudah tahu akan sifat dasar mereka, ternyata memotret mereka juga tidak terlalu susah. 

Powered by SmugMug Owner Log In